Bunda PAUD Way Kanan Pimpin Upacara Prasiaga Pramuka

21 Oktober 2019 | Administrator | 1390 Dilihat

Bunda PAUD Kabupaten Hj. Dessy Afriyanti Adipati memimpin Upacara Prasiaga dalam Rangka Puncak Hari Pramuka Ke-58 Tingkat Kabupaten Way Kanan di Lapangan Kampung Gunung Sari Kecamatan Rebang Tangkas, Senin (21/10/2019) yang diikuti oleh  Camat Rebang Tangkas Nurhadi Irawan, S.Sos dan Ketua Dharmawanita Vorian Melita Saipul.

Membacakan sambutan tertulisnya, Dessy mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah meluncurkan Pramuka Prasiaga PAUD sebagai upaya sejak dini menumbuhkan karakter, semangat nasionalisme dan patriotisme generasi hebat anak Indonesia pada Puncak Peringatan HUT Pramuka Ke-58 tanggal 14 Agustus 2019 lalu.

“Pengenalan nilai-nilai kepramukaan bagi anak usia di bawah tujuh tahun harus kita sambut dengan antusias dan kita dukung bersama baik konsep maupun implementasinya dalam Pembentukan karakter sejak usia dini. Dimana pembentukan karakter tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan pendidikan Prasiaga dengan mengenalkan nilai-nilai kebangsaan, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi kebihnekaan, sesuai dengan pendekatan pada pendidikan anak usia dini yang mengedepankan bermain sambil belajar dalam suasana yang menyenangkan”, ujar Dessy

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Bunda PAUD yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten itu juga meminta kepada para Pembina untuk menggunakan Metode pengenalan Pramuka yang dapat merangsang kecerdasan dan kemampuan. Selain itu, juga meminta pengenalan metode  pramuka dapat pula merangsang perkembangan motorik kasar anak usia dini dan dapat mengembangkan kecerdasan kognitif melalui pola pikir yang statis.

Diketahui, Pramuka Prasiaga PAUD merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk siswa sebagai manusia Indonesia yang memiliki karakter yang sangat baik diajarkan kepada  anak  sejak mereka berusia  tiga sampai dengan Tujuh Tahun

Pengenalan nilai-nilai kepramukaan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif penguatan pendidikan karakter yang dimulai sejak usia dini. Melalui pengenalan nilai-nilai kepramukaan, anak diharapkan menjadi warga negara yang tangguh dan siap menjadi bagian persaudaraan umat, yang saling menguatkan dan saling hormat menghormati.