Bunda Vorian Melita Saipul Buka Sosialisasi dan Pembinaan PAUD-HI Way Kanan Tahun 2021

28 Desember 2021 | Administrator | 114 Dilihat

Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten, Bunda Vorian Melita Saipul menghadiri Kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 di Aula Kampus STAI Al-Ma’Arif Kecamatan Baradatu, Selasa (28/12/2021).

Pada kegiatan yang turut dihadiri oleh Kepala/unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perikanan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bagian Hukum Setdakab dan Pimpinan Kecamatan Baradatu serta Organisasi Mitra PAUD Kabupaten Way Kanan, Bunda PAUD Kecamatan dan Kampung, Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD.

 

Dalam sambutannya, Bunda Vorian Saipul mengatakan bahwa Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam upaya menjamin terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini yaitu hak tumbuhu kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Sebagaimana yang diamanatkan dalam Perpres No. 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI). Untuk dapat mewujudkan dan melaksanakan apa yang diamanatkan dalam Perpres tersebut, diperlukan kerjasama/kolaborasi yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai Pemangku Kepentingan ditingkat masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pusat.

“Saya mengajak, agar kita bersama-sama saling berkolaborasi untuk dapat mewujudkan Layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) demi mencapai hasil yang positif dan membangun sistem yang saling terkait untuk mengatasi berbagai permasalahan khususnya di Kabupaten Way Kanan. dimana PAUD-HI merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkakt secara stimultan, sistematis dan terintegrasi”, ujar Bunda Vorian menyampaikan sambutan Bunda PAUD Kabupaten, Bunda Hj. Dessy Afriyanti Adipati.

 

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan harapan dengan kegiatan tersebut Layanan PAUD-HI di Kabupaten Way Kanan dapat terselenggara dengan baik dan berkesinambungan, serta lebih meningkatkan kepedulian terhadap kebutuhan anak yang beragam. Dimana hal tersebut akan diperoleh melalui kerjasama antara orang tua dan para pendidik PAUD serta keterlibatan dari para Pemangku Kepentingan baik di Tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai di Tingkat Kelurahan/Kampung.

“Melalui peran Bunda PAUD Kampung/Kelurahan dan Kecamatan, mari bersama-sama kita bangun koordinasi yang baik dengan berbagai sektor yang berkaitan dengan PAUD-HI dari Tingkat Kelurahan/Kampung, Kecamatan hingga Kabupaten melalui Gugus Tugas PAUD-HI. Karena Gugus Tugas PAUD-HI merupakan wadah koordinasi yang terbentuk sebagai upaya PAUD-HI yang keanggotaannya terdiri dari SKPD dan Organisasi Mitra yang membidangi Layanan Pendidikan, Kesehatan, Gizi, Perawatan, Pengasuhan, Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Usia Dini”, lanjut Bunda Vorian Saipul.

 

Selanjutnya, Ketua Pokja Bunda PAUD juga mengingatkan bahwa Gugus Tugas, Organisasi Mitra PAUD dan para Pemangku Kepentingan masih memiliki PR dalam menuntaskan program Satu Kampung minimal satu PAUD. Dengan harapan melalui peran Bunda Kampung dan Kecamatan dapat dituntaskan, sehingga anak usia dini di Kabupaten Way Kanan dapat terpenuhi layanan pendidikannya, melalui Program PAUD minimal satu Tahun Pra SD, PAUD dapat meningkatkan kesiapan Sekolah anak pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Selain itu, pada kesempatan ini atas nama Pribadi dan Bunda PAUD Way Kanan juga tak bosan-bosan  mengingatkan bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir, kita semua jangan pernah lalai untuk selalu melaksanakan dan menerapkan Protokol Kesehatan”, imbuhnya yang juga membuka Kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan PAUD-HI Way Kanan Tahun 2021.

 

Diketahui, terdapat Program Layanan yang terintegrasi dalam Layanan PAUD-HI, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Selanjutnya, Bina Keluarga Balita (BKB) yang merupakan sebuah kegiatan yang khusus mengelola pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yangn benar berdasarkan kelompok umur. Manfaat yang diperoleh pada BKB adalah orang tua dapat mengurus dan merawat anak balita serta pandai membagi waktu dan mengasuk anak, memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak yang benar, meningkatkan keterampilan dalam hal mengasuh dan mendidik anak balita. Serta Program Pos Layanan Terpadu (POSYANDU) yang merupakan salah satu bentuk UKBM yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudadhan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Selain itu, diserahkan bantuan berupa Alat Permainan Edukasi (APE) PAUD Sentra Balok dari DPC GOPTKI Kabupaten Way Kanan untuk PAUD Percontohan PAUD-HI di Kecamatan Gunung Labuhan Kecamatan Baradatu, Kecamatan Banjit dan Kecamatan Negeri Agung.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Pokja Bunda PAUD Way Kanan