Ketua Pokja Bunda PAUD Way Kanan Buka Sosialisasi dan Pembinaan Penyelenggaraan PAUD-HI Way Kanan

30 Desember 2021 | Administrator | 76 Dilihat

Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten, Bunda Vorian Melita Saipul membuka Sosialisasi dan Pembinaan Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) Kabupaten Way Kanan di SD Negeri 01 Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung, Kamis (30/12/2021) yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pimpinan Kecamatan Bumi Agung, Kecamatan Way Tuba, Kecamatan Bahuga, Kecamatan Buay Bahuga dan Gugus Tugas PAUD-HI.

Menyampaikan sambutannya, Bunda Vorian Melita Saipul mengajak untuk bersama-sama saling berkolaborasi untuk dapat mewujudkan Layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) demi mencapai hasil yang positif dan membangun sistem yang saling terkait untuk mengatasi berbagai permasalahan khususnya di Kabupaten Way Kanan. dimana PAUD-HI merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara stimultan, sistematis dan teintegrasi.

 

Melalui kegiatan pembinaan dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Pemerintah dalam upaya menjamin terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini yaitu hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan serta perlindungan dan kesejahteraan anak sesuai yang diamanatkan dalam Perpres No. 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI).

Kegiatan tersebut juga diharapkan Layanan PAUD-HI di Kabupaten Way Kanan dapat terselenggara dengan baik dan berkesinambungan, lebih meningkatkan kepedulian terhadap kebutuhan anak yang beragam melalui kerjasama antara orang tua dan para pendidik PAUD serta keterlibatan dari para Pemangku Kepentingan di Tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Tingkat Kelurahan/Kampung.

 

Bunda Vorian Saipul juga mengingatkan bahwa Gugus Tugas, Organisasi Mitra PAUD dan para Pemangku Kepentingan masih memiliki PR dalam menuntaskan proram Satu Kampung minimal satu PAUD. Dengan harapan melalui peran Bunda Kampung dan Kecamatan dapat dituntaskan, sehingga anak usia dini di Kabupaten Way Kanan dapat terpenuhi layanan pendidikannya, melalui Program PAUD minimal satu Tahun Pra SD, PAUD dapat meningkatkan kesiapan Sekolah anak pada jenjang pendidikan yang lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, Bunda Vorian yang juga Ketua GOPTKI memberikan bantuan berupa Alat Permainan Edukasi (APE) PAUD Sentra Balok dari DPC GOPTKI Kabupaten Way Kanan untuk PAUD Percontohan PAUD-HI di Kecamatan Bumi Agung, Kecamatan Buay Bahuga, Kecamatan Bahuga dan Kecamatan Way Tuba.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Pokja Bunda PAUD Way Kanan