Ny. Dessy Adipati Pimpin Raker TP PKK Kabupaten Dan Kecamatan Se-Kabupaten Way Kanan

11 Januari 2022 | Administrator | 98 Dilihat

Bertempat di Gedung A Rumah Dinas Jabatan Bupati Way Kanan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati memimpin Rapat Kerja TP PKK Kabupaten dengan TP PKK Kecamatanse-Kabupaten Way Kanan, Selasa (11/01/2022) yang dihadiri oleh Ketua II TP PKK Kabupaten, Ny. Vorian Melita Saipul, jajaran TP PKK, Ketua dan jajaran Pokja, Kabupaten dan Kecamatan.

Menyampaikan arahannya, Ny. Dessy Adipati mengatakan bahwa Gerakan PKK pada hakekatnya merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan partisipatif, melalui Gerakan PKK ini pula peran serta aktif segenap lapisa masyarakat dalam pembangunan ikut di galang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggungjawab pembangunan, maupun dalam menikmati pembangunan sendiri.

 

“Seperti yang kita ketahui, bahwa visi dari Gerakan PKK yaitu Terwujudnya Keluarga sehat, cerdasm berdaya, beriman dan bertaqwa menuju Indonesia Maju di Tahun 2024 dan dari visi tersebut dapat mewujudkan Keluarga sebagai Pelopor Perubahan. Untuk itu, dalam pencapaian visi kita semua harus sama-sama menyusun Rencana strategis yang akan kita lakukan mengacu dengan Isu Utama Strategi PKK yaitu Penanganan Pandemi Covid-19, Angka kekerasan terhadap perempuan dan anak masih tinggi dan Penurunan Angka Stunting”, ujar Ketua TP PKK Kabupaten.

Selanjutnya, PKK Way Kanan telah menyusun Program-Program turunan dengan tema “No Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, No Stunting” dengan kegiatan unggulan yaitu Optimalisasi Pola Asuh Anak dan Remaja, Penguatan PAUD-HI, Hatinya PKK dan Optimalisasi Porsyandu HI. Program Unggulan tersebut merupakan penjabaran 10 Program Pokok PKK yang menjadi ciri khas dari Gerakan PKK yang mutlak dilaksanakan oleh seluruh jajaran Tim Penggerak PKK mulai dari Kabupaten, Kecamatan, Kampung sampai dengan Kelompok-Kelompok PKK Dasawisma sesuai peran, fungsi dan kapasitasnya masing-masing.

 

“Saya mengharapkan agar TP PKK Kabupaten Way Kanan bersama-sama TP PKK Kecamatan/Kelurahan/Kampung semakin mempererat harmonisasi dengan menjalin kerjasama, menyamakan persepsi serta visi misi dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK. Dan kepada Ketua TP PKK Kecamatan sebagai pengendali seluruh aktifitas Gerakan PKK di Kecamatan agar menyusun rencana kerja pelaksanaan Penjabaran 10 Program PKK dengan perencanaan yang disusun mulai dari bawah dan mengacu pada Permendagri Nomor 36 Tahun 2020”, lanjutnya.

Ketua TP PKK Kabupaten juga menegaskan bahwa keberhasilan Gerakan PKK yang merupakan organisasi Mitra Pemerintah adalah bagaimana kita semua mapu bekerjasama dengan Tim serta menggerak Kader dalam pelaksanaan program, sehingga dapat memberi kontribusi dalam melakukan perubahan kepada masyarakat kearah yang lebih baik. Pencapaian tujuan yang mulia dari Gerakan PKK tersebut juga sangat tergantung kepada peran Ketua TP PKK Kecamatan dalam menggerakkan, membimbingn dan membina masyarakat sampai ke unit terkecil yaitu Keluarga melalui Dasawisma.

 

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Dicy / Dok. Pim