Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman Hadiri Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan Wastra Lampung Tahun 2021

23 November 2021 | Administrator | 110 Dilihat

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Way Kanan, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman menghadiri Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan Wastra Lampung Tahun 2021 di Aula Mahan Agung Bandar Lampung, Selasa (23/11/2021). Yang dihadiri oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal, Perwakilan Bank Indonesia Lampung, Bank Lampung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kominfotik dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung serta Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Wastra Lampung dengan Inovasi dan Pemasaran dengan narasumber Desainer Nasional Didiet Maulana tersebut diselenggarakan dalam rangka Peningkatan kapasitas perajin UMKM Lampung Dekranasda Provinsi.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjelang berakhirnya Tahun 2021 yang penuh dinamika karena Pandemi Covid-19 , Dekranasda Provinsi Lampung tetap berupaya dapat menuntaskan program-program kerjanya, khususnya dalam hal peningkatan kapasitas pengrajin. Kegiatan pelatihan Modul Ke-3 dan Modul Ke-4 sebagai Modul pamungkas dari narasumber Didiet Maulana, diselenggarakan secara offline dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

 

“Mudah-mudahan pertemuan secara langsung ini dapat menambah semangat bagi para perajin dalam mengikuti Pelatihan. Penyelenggaraan pelatihan wastra Lampung merupakan wujud komitmen Dekranasda Provinsi Lampung dalam membantu para perajin wastra meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta daya saing usahanya. Disamping itu, Dekranasda Provinsi Lampung juga memiliki keinginan yang kuat untuk dapat mengangkat wastra Lampung sebagai produk budaya unggulan yang mampu meningkatkan citra Provinsi Lampung, serta menjadikan produk-produk UMKM berbasis wastra sebagai industri yang menjanjikan”, ujar Ny. Riana Sari Arinal.

Keinginan dan cita-cita Dekranasda Provinsi Lampung ini tidak dapat terwujud tanpa dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, Ny. Riana Sari menyampaikan terima kasih kepada mitra Dekranasda Provinsi Lampung yang dengan sungguh-sungguh banyak membantu dan berjuang bersama-sama memajukan perajin wastra Lampung khususnya dan kerajinan Lampung umumnya.

“Saya menaruh harapan besar kepada bapak ibu sekalian yang telah mengikuti pelatihan dari modul pertama sampai keempat hari ini. semoga apa yang telah diperoleh selama pelatihan dapat ditularkan juga ilmunya kepada rekan-rekan peraji lain, sehingga dapat berguna untuk memajukan usaha menjadi semakin kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perubahan-perubahan. Dan semoga bapak ibu menjadi perajin yang tangguh dan Berjaya”, tutur Ny. Riana Sari Arinal dengan nada terharu atas semangat para perajin yang konsisten mengikuti pelatihan sampai dengan modul keempat.

 

Ditempat yang sama, Gubernur Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan bahwa Dekranasda memiliki semangat yang ingin membangun dan memiliki upaya-upaya memberikan motivasi didalam perubahan, sehingga kesejajaran kreatifitas di dalam membangun untuk yang sifatnya tidak harus menjadi tanggungjawab Pemerintah, namun memiliki potensi yang sama yaitu pengembangan UMKM, baik yang memang disiapkan maupun yang tumbuh mandiri.

“Atas nama Pemprov Lampung Saya juga mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini. dalam upaya melakukan lompatan untuk berkarya serta membangkitkan aktifitas ekonomi kreatif yang berbasis pada pengembangan warisan budaya yangn dibanggakan. Saya ingin juga agar adanya keseimbangan dan dorongan. Bersama-sama ini semua dapat berjalan dengan baik apabila kreasi, inovasi dan semangatnya dapat dijaga, sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa budaya dan warisan yang ditinggalkan dapat dikembangkan kembali”, ujar Gubernur Lampung.

 

Gubernur Lampung juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan membangun Pasar UMKM, yang nantinya akan dapat dinikmati langsung baik oleh masyarakat Lampung maupun dari Kabupaten/Kota lain.

 

Penulis : Fitria Wulandari

Photo : Nurdin / Dok. Pim